Rabu, 09 April 2008

Smoking

Kata orang rokok merusak kesehatan dan gw adalah orang pertama yang menolak statement itu, krn menurut gw slama kita imbangin dengan olah raga mah gpp. Selain itu jg blom bener2 ada penelitian yg mensahkan kalo rokok merupakan penyebab utama penyakit2 yg berkaitan dengan pernafasan, selama ini semua statement itu kan berdasarkan dugaan. coba aja perhatiin kalo ada orang meninggal karena sakit di area pernafasan pasti dibilang gara2 rokok ato begadang, padahal blom tentu jg kan penyebabnya dua itu. Kalo emang rokok penyebab sakit di area pernafasan ada yg bisa jelasin ga kenapa bokap gw yg ngerokok aktif dan kenceng, olahraga jg, masih tetep fit di usianya yang udah hampir 70 taon? Kalo check up, dokternya bingung karena kondisi fisiknya diatas rata2 orang seumurnya. Atas dasar itu jg gw menolak anggapan kalo rokok itu merusak kesehatan, semuanya berpulang ke manusianya jg kalo menurut gw. Semua benda bikinan manusia punya kecenderungan untuk merusak kesehatan kalo menurut gw, contohnya mobil. di awal pembuatannya ditujukan untuk memudahkan manusia bergerak, tp pada akhirnya manusia amat sangat bergantung pada kendaraan bermotor sehingga untuk jalan sedikit aja gak mau. Padahal jarak yg ditempuh hanya sekian ratus meter, tp pake mobil/motor. coba kalo jarak segitu ditempuh dengan jalan kaki, ada 2 manfaat yg bisa didapet paling gak. yang pertama hemat bbm, sejalan dong sama kebijakan pemerintah untuk menghemat penggunaang bbm jd anak cucu kita bisa ngerasain pake bbm jg. yang kedua, paru2 kita terlatih teman. Nafas makin panjang, badan makin bugar, otot2 jg bergerak, otomatis timbunan lemak jg berkurang dong, ya ga? dari pada diet mahal2 kenapa jg ga coba cara yg ini, praktis, ekonomis dan bermanfaat. Dana untuk diet kan bisa dialihkan ke yang laen, kayak blanja-blenji gadget, nambah2 buat ngisi ato bli rumah, modif mobil mungkin ato mungkin hobi2 yg laen hehehehehehhee... Sekarang mari kita balik ke topik semula yaitu rokok, selama ini gw ga pernah kepikiran sedikit pun untuk berenti ngerokok karena gw ngerasa badan gw baek2 aja. Tapi semua itu berubah waktu ponakan gw tinggal di rumah karena ibunya mau ngelahirin, dia mau makan astor. Tau doong apa itu astor, biskuit berkrim dengan bentuk silinder yang emang kayak rokok bentuknya. Tiba2 dia bilang mau ngerokok, kaget setengah mati gw pas dengernya. Kebayang ga anak2 umur 2 taon lebih tiba2 bilang mau ngerokok, kagetlah pastinya, ternyata dia mau makan itu biskuit. Ya udah gw kasi, trus dia kliling ke orang2 rumah bilang kalo dia lagi ngerokok. Kejadian itu bikin gw mikir, kalo anak seumur dia bisa mengasosiasikan makanan dengan rokok krn mo niru2 orang dewasa di sekelilingnya kebayang ga apa yang terjadi ketika dia udah lebih dewasa? ketika dia udah di sd misalnya? Jangan2 dia start untuk ngerokok lagi, gitu pikiran gw waktu itu. Slain dipicu karena kejadian itu, jg karena pengalaman masa lalu gw jg kali ye hehehehhehe... ketika ngeliat bokap dan om2 gw ngerokok dengan bebasnya dan terlihat begitu keren karena hal itu, bikin gw pengen niru. Dan nyobalah gw untuk ngerokok di umur gw yg masih lima taon itu dan dimarahin karena ketauan ehehheheheheh... Tapi tetep ga kapok, dan nyobalah lagi waktu gw dah smp klas 1 dan tetep dimarahin jg sm bokap huahuahuahuahuauauha... Dari serentetan kejadian diatas gw jd berpikir kalo masih tetep ngerokok pada saat punya anak gimana cara ngelarangnya ya? Secara gw ga mau jg kalo anak gw ngerokok karena ngeliat contoh dari bapaknya, kalo dia ngerokok karena kedewasaannya dan memilih untuk ngelakuin walopun dah tau segala konsekuensinya maka itu adalah pilihannya dia dan gw harus hormati pilihan itu sesalah apapun pilihan itu di mata gw. Tp yang jelas gw ga mau punya andil yg mendorong dia untuk melakukan itu. Dan untuk itu mau ga mau gw harus mengkondisikan diri untuk siap menghentikan kebiasaan itu ketika dibutuhkan, dan untuk itu pelan-pelan gw mulai ngurangin intake rokok gw. Yang tadinya bisa lebih dari sebungkus sehari dikurangin jadi kalo bisa setengah bungkus, berat memang tapi demi masa depan anak yg suatu hari nanti akan hadir di tengah-tengah kehidupan gw kenapa nggak. Dan memang akan terdengar sedikit selfish ya, tapi memang harus ngasi contoh kalo nggak gimana anak kita akan nurut jg ya ga?

Tidak ada komentar: